STUDI HIGIENE DAN SANITASI USAHA PANGKAS RAMBUT DI KOTA PONTIANAK

Ismael Saleh, Selviana Selviana, Putra Putra Ismael Saleh
Selviana Selviana
Putra Putra

Abstract


Pangkas rambut merupakan tempat umum yang perlu diawasi, karena dapat menularkan penyakit dari satu orang ke orang lain melalui proses pangkas rambut. Kondisi sanitasi tidak memenuhi syarat memudahkan kuman berkembang biak serta bahan berbahaya masuk ke tubuh manusia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Higieni dan Sanitasi Usaha Pangkas Rambut Di Kota Pontianak
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan analisis univariat yang menggambarkan tiap sub variabel sanitasi pasar. Sampel penelitian sebanyak 55 pangkas rambut diambil menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan gambaran karakteristik responden berdasarkan umur 18-40 tahun sebanyak 34 (61,8%), pendidikan terakhir SMA sebanyak 32 (58,2%), sanitasi ruang kerja memenuhi syarat sebanyak 33 (60,0%), sanitasi alat kerja tidak memenuhi syarat sebanyak 29 (52,7%), Higieni kebersihan ruang kerja tidak memenuhi syarat sebanyak 51 (92,7%) dan Higieni dan sanitasi tidak memenuhi syarat sebanyak 28 (50,9%).
Perlu adanya pembinaan dan pengawasan Higieni dan sanitasi dalam rangka pemberian sertifikat layak Higieni sanitasi TTU.



DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jjum.v5i2.1284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.