Perilaku Pencarian Pengobatan pada Laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki di kota Pontianak

Abror Abror Abror Abror

Abstract


Pencarian Pengobatan Infeksi Menular Seksual Pada Laki-laki yang berhubungan Seks dengan Laki-laki (LSL) Di Kota Pontianak, biasanya bekerja pada bidang-bidang pekerjaan tertentu atau mempunyai pekerjaan sendiri seperti tempat kebugaran maupun salon. Mereka termasuk dalam kelompok risiko tinggi dalam penyebaran kasus Infeksi Menular Seksual (IMS) dan Human immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired lmmuno Deficiency Syndrom (HIV&AIDS). Faktor risiko terjadinya IMS karena hubungan seksual dengan multipartner, transfusi dan kurangnya pengetahuan kesehatan reproduksi.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pencarian Pengobatan LSL di Kota Pontianak. Mengingat LSL adalah kelompok yang rentan akan terkena IMS. Metode penelitian ini adalah observasional analitik menggunakan metode cross sectional. Data diambil secara consecutive sampling. Data didapatkan dari total sampling dari populasi saat mobile klinik dan vct sebagai responden yang diukur pencarian dan pengobatan mengenai IMS dengan menggunakan catatan medic dan untuk mendiagnosis IMS diperlukan pemeriksaan fisik dengan cara pengambilan uretra dan laboratorium. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan analisa yang digunakan statistik non parametrik dengan uji Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan bermakna antara lama menjadi LSL dengan pencarian pengobatan dengan nilai p value : 0,000, jumlah pelanggan dengan jumlah mengobati ke klinik dalam pencarian pengobatan IMS dengan nilai p value 0,000, penggunaan kondom dengan berobat ke klinik dalam pencarian pengobatan dengan nilai p value : 0,001. alasan berobat dengan pekerjaan dengan pencarian pengobatan dengan nilai p value: diagnosa hasil pemeriksaan IMS dengan pencarian pengobatan IMS di kota Pontianak.0,000, dengan nilai p value : 0,002



DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jjum.v5i2.1282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.