PENGARUH PEMBERIAN JUS CAMPURAN MENTIMUN (Cucumis sativus Linn) DAN JERUK MANIS (Citrus aurantium) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH

Andri Dwi Hernawan, Lingga Lingga, Iskandar Arfan Andri Dwi Hernawan
Lingga Lingga
Iskandar Arfan

Abstract


Jus campuran mentimun dan jeruk manis merupakan jus yang dibuat dengan mengkombinasikan buah mentimun dan jeruk manis yang diketahui mengandung kalium tinggi, selain berperan sebagai vasodilatasi pada pembuluh darah, kalium juga berperan sebagai pengatur cairan intrasel sehingga mencegah penumpukan cairan dan natrium dalam sel,sehingga mampu menurunkan tekanan darah.
Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan rancangan control group pre-post test. Subjek sebanyak 30 orang dengan tekanan darah sistolik 140-180 mmHg dan diastolik 90-120 mmHg.Subyek kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mendapat jus campuran mentimun dan jeruk manis per dosis dengan komposisi mentimun 100 gram dan jeruk manis 50 gram, pemberian 2 dosis dalam sehari selama 7 hari. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk dan analisis statistik menggunakan uji Independent Samples Test dan Anova.
Hasil penelitian jus campuran mentimun dan jeruk manis dengan dosis 150 gram dengan pemberian 2 dosis perhari selama 7 hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan dengan nilai P-value 0,000 dan tekanan darah diastolik dengan nilai P-value sebesar 0,042.
Disarankan pada penderita tekanan darah tinggi dapat melakukan terapi herbal dengan mengkonsumsi jus campuran mentimun dan jeruk manis untuk menurunkan tekanan darah.



DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jjum.v5i2.1281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.