PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KECUKUPAN ENERGI REMAJA (STUDI PADA SISWA-SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PONTIANAK)

Minokta Lendra, Marlenywati Marlenywati, Abrori Abrori Minokta Lendra
Marlenywati Marlenywati
Abrori Abrori

Abstract


Masalah kesehatan menjadi penghambat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya remaja salah satunya adalah masalah gizi dan kurangnya pengetahuan tentang gizi. SMAN 1 Pontianak merupakan salah satu sekolah dengan temuan masalah pengetahuan kecukupan energi yang masih rendah berdasarkan hasil analisis pengetahuan siswa. Salah satu program penanggulangan masalah terkait kecukupan energi remaja yang ada, yaitu: komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) menggunakan media cetak seperti Booklet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Booklet terhadap peningkatan pengetahuan tentang kecukupan energi remaja. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental dengan One Group Pretest And Posttest Design. Jumlah sampel sebanyak 30 siswa yang diambil menggunakan Purposive Sampling. Dengan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian Media Booklet Kecukupan Energi efektif meningkatkan pengetahuan remaja di SMAN 1 Pontianak. Hal tersebut dibuktikan dengan skor pengetahuan remaja sebelum intervensi 11.70% meningkat menjadi 16.23% dengan (p value = 0.000 < 0.05). Disarankan kepada lembaga pendidikan agar dapat memfasilitasi siswa-siswi dengan menyediakan kantin sehat dan dapat mengarahkan siswa-siswa dengan memberikan informasi terkait gizi maupun yang lainnya.



DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jjum.v4i2.1273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the JUMANTIK: Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License