EFEKTIFITAS MEDIA POSTER TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN GIGI

Jumilah Jumilah, Abdul Haris Jauhari, Abduh Ridha Jumilah Jumilah
Abdul Haris Jauhari
Abduh Ridha

Abstract


Latar Belakang: Riskesdas 2013 untuk daerah Kalimantan Barat menunjukkan tingginya skor DMF-T pada anak usia 12 tahun yaitu 6,2 yang artinya pada setiap anak usia 12 tahun terjadi kerusakan gigi sebanyak 6 buah gigi. Adapun program yang telah dilaksanakan selama ini adalah upaya preventif dan rehabilitatif. Sementara upaya Promotif masih sangat rendah dikarenakan kekurangan tenaga. Maka dari itu media poster dirasa amat efektif dalam
menyampaikan pesan kesehatan gigi untuk meningkatkan pengetahuan siswa, dimana pengetahuan adalah modal awal dari perubahan prilaku.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui Efektifitas Media Poster terhadap peningkatan pengetahuan tentang kesehatan gigi study pada siswa SD kelas V di Kelurahan Saigon, Pontianak.
Metode Penelitian: Rancangan penelitian ini bersifat eksperimen. Rancangan non random randomized control grup pre test post test desain. Jumlah respondens dalam penelitian ini sebanyak 90 orang yang terbagi dalam 3 kelas, dan masing-masing kelas sebanyak 30 orang dengan perlakuan yang berbeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Untuk membuktikan hipotesis dengan Uji T.
Hasil Penelitian: Ada perbedaan pengetahuan (p value = 0,000) antara sebelum dan sesudah paparan media poster selama 7 hari . Ada perbedaan (p value = 0,000) antara sebelum dan sesudah paparan media poster 14 hari. Ada perbedaan (p value = 0,000) antara kelompok kontrol 7 hari dan kelompok intervensi 7 hari. Ada perbedaan (p value=0,000) antara kelompok
kontrol 14 hari dan kelompok intervensi 14 hari. Ada perbedaan (p value=0,000) antara kelompok intervensi 7 hari dan kelompok intervensi 14 hari pada paparan media poster yang di berikan pada siswa kelas V SD Negeri Kelurahan Saigon.
Kesimpulan: Adanya peningkatan pengetahuan pada siswa kelas SD Negeri Kelurahan Saigon. Setelah terpapar poster selama 7 dan 14 hari maka media poster ini dapat dijadikan alat untuk promosi kesehatan dalam rangka meningkatkat kesehatan, khususnya kesehatan gigi dan mulut.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/jjum.v2i1.127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The Copyright is reserved to the JUMANTIK: Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License