Implementasi Metode Sorogan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Islamiyah

Ari Wibowo Ari Wibowo

Sari


ABSTRAK

Proses pelaksanaan metode sorogan di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Islamiyah di Pontianak dengan metode sorogan dapat diterapkan pada materi surah pendek. Oleh karena itu, proses pelaksanaan metode sorogan  berjalan dengan baik dan lancar  pada tindakan  siklus I dan II dapat di atasi dengan melakukan proses latihan secara berulang-ulang dan mengikutsertakan peserta didik dalam menilai kemampuan membaca surah pendek pilihan. Kemampuan membaca al-Quran di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Islamiyah di Pontianak  pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kemampuan membaca surah pendek peserta didik sebesar 66,43 dengan kategori penilaian baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,91 dengan kualifikasi nilai  baik. Pengaruh penggunaan metode sorogan terhadap peningkatan kemampuan membaca al-Quran di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Islamiyah di Pontianak  pada siklus I kemampuan membaca surah pendek memperoleh nilai rata-rata 66,43 yang dikategorikan baik dan kemampuan peserta didik dalam membaca surah pendek pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 70,91 yang dikategorikan baik sebesar 13,48 yang diperoleh dari D  =  70,91  –  57,43=  13,48

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.