SPK Pemilihan Minat Tugas Akhir Menggunakan Metode Profile Matching (Prodi Teknik Informatika)

Betty Apriliasari, Hefni Navizah, Ridho Rizky Betty Apriliasari
Hefni Navizah
Ridho Rizky

Sari


Tugas Akhir merupakan salah satu syarat kelulusan untuk memperoleh gelar sarjana. Oleh sebab itu mahasiswa harus memiliki minat yang sesuai dengan keahliannya, dengan di dasari kemampuan akademik setiap mahasiswa yang berbeda membuat ketertarikan mahasiswa tersebut terhadap bidang atau minat yag harus dipilihnya pun berbeda-beda. Di program studi teknik informatika Universitas Muhammadiyah Pontianak, terjadi beberapa masalah dalam penentuan minat Tugas Akhir seperti penilaian yang kurang objektif dari pihak program studi sehingga ada mahasiswa yang mendapat konsentrasi minat yang kurang tepat dan tidak sesuai dengan kemampuan akademiknya. Dalam pemilihan minat tersebut dibutuhkan kriteria-kriteria penilaian untuk mendapatkan alternatife pilihan minat terbaik, maka dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan pemilihan konsentrasi minat tugas akhir menggunakan Profile Matching. Metode ini digunakan agar menentukan alternative minat tugas akhir terbaik dengan cara menentukan nilai bobot kriteria dari setiap alternative yang ada berdasarkan hasil wawancara dan kuisioner, kemudian dilakukan perhitungan GAP dan pembobotan serta menghitung nilai core factor dan secondary factor, yang terakhir menghitung nilai akhir Untuk mendapatkan nilai yang akan di urutkan untuk Membantu Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Pontianak dalam penentuan konsentrasi minat Tugas Akhir terbaik dari mahasiswanya.

Kata Kunci :Sistem Pendukung Keputusan,Profile Matching,Peminatan Tugas Akhir.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. V. Imbar, D. Edi dan K. Masli, “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Dengan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus di Fakultas Teknologi Informasi U.K. Maranatha).,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, pp. 275-286, 2016.

F. H. Tulangow, H. F. Wowor dan Y. D. Y. Rindengan, “Analisa Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Konsentrasi Minat Tugas Akhir Menggunakan Simple Additive Weighting Di Program Studi Teknik Sipil Unsrat,” pp. 1-11, 2015.

A. A. T. Susilo, “Penerapan Metode Profile Matching pada sistem pendukung keputusan pemilihan ketua program studi ( Studi kasus : Program Studi Tek.nik Informatika STIMIK Musi Rawas),” JUITA, vol. V, no. 2, pp. 87-93, 2017.

A. Sudarmadi, E. Santoso dan S. , “Sistem Pendukung Keputusan pemilihan Personel Homeband Universitas Brawijaya menggunakan metode Profile Matching,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, pp. 1788-1796, 2017.

E. N. A. Hidayah dan E. Fetrina, “Rancang bangun Sistem Pendukung Keputusan kenaikan jabatan pegawai dengan metode profile matching ( Studi Kasus : kementrian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta),” Jurnal Sistem Informasi, pp. 127-134, 2017.

F. M. Yuma dan Rizaldi, “Sistem Pendukung Keputusan dalam pemilihan jurusan di perguruan tinggi dengan metode Profile Matching,” dalam Seminar Nasional Royal (SENAR), Sumatra Utara, 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.