Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Pontianak Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Miandri miandri, rizka amalia, Vebi Vibiola Miandri miandri
rizka amalia
Vebi Vibiola

Sari


Hotel adalah salah satu fasilitas penunjang pariwisata, kota pontianak menyediakan banyak hotel-hotel yang tersebar di berbagai lokasi dengan beragam kelas hotel, tarif kamar, dan beragam fasilitas. Keragaman hotel membuat wisatawan bingung dalam menentukan hotel yang sesuai keinginan. Pemilihan hotel sangat dipengaruhi oleh tujuan dan kebutuhan dari pengunjung. Selain itu lokasi strategis dan suasana yang nyaman juga menjadi pertimbangan, kurangnya informasi tentang hotel menjadi salah satu masalah bagi pengunjung ketika datang ke suatu kota untuk menentukan hotel yang diinginkan. Untuk membantu dalam pemilihan hotel yang sesuai dengan keinginan pengunjung, maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan (SPK). Dengan adanya sistem pendukung keputusan maka pengunjung dapat menentukan hotel sesuai yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Analytical Hierarchy Process, metode AHP merupakan salah satu metode yang baik dalam melakukan pencarian alternatif terbaik. Pemilihan metode AHP dikarenakan pada metode ini suatu masalah kompleks dan tidak terstruktur dipecahkan ke dalam kelompok-kelompoknya, kemudian kelompok-kelompok tersebut diatur menjadi suatu bentuk hirarki. Penelitian yang dilakukan menghasilkan sistem pendukung keputusan guna membantu wisatawan menentukan hotel yang diinginkan.

kata kunci: SPK, Metode AHP, Penentuan Hotel

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. A. M. B. Muslim Hidayat, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Hotel Dengan Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Web,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, pp. 2-6, 2016.

E. L. R. A. I. Dwi Citra Hartini, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Dikota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” Jurnal Sistem Informasi, pp. 546-565, 2013.

I. P. S. S. Anita Ika Nurcahyani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di kota Semarang Berbasis Web Dengan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP),” Jurnal Masyarakat Informatika, vol. 5, pp. 13-24, 2014.

F. R. K. A. J. Hafsah, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Hotel Dengan Menggunakan Metode Promitee Dan AHP,” Seminar Nasional Informatika, pp. 2-8, 2011.

M. I. S. L. O. h. S. S. Arisandi, “Sistem penunjang Keputusan pemilihan Hotel Di Kota Kendari Menggunakan Metode Fuzzy Tahani Berbasis Web,” semanTIK, pp. 331-340, 2016.

Z. A. H. R. H. Mulya Ade Irma Suryani, “Pemilihan Paket Wisata Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” Jurnal Informatika Mulawarman, pp. 2-5, 2017.

U. Y. Sri Winiarti, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pendirian Warnet Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus : PT. Pika Media Komunika),” jurnal Informatika, pp. 2-12, 2009.

E. K. Anjar Wanto, “Seleksi Penerimaan Asisten Laboratorium Menggunakan Algoritma AHP Pada AMIK STIKOM TUNAS BANGSA Pematangsiantar,” Jurnal Informatika dan Komputer (JIKO), pp. 2-8, 2018.

F. R. K. A. J. Hafsah, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Hotel Dengan Menggunakan Metode Promitee Dan AHP,” Seminar Nasional Informatika (semnasIF), pp. 2-8, 2011.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.