Edukasi Rambu Lalu Lintas Untuk Anak Melalui Media Permainan Digital “Ingat Rambu” dengan Adobe Flash

rachmat wahid saleh

Abstract


Rambu Lalu Lintas adalah peringatan, larangan, perintah, atau petunjuk bagi pengguna jalan. Seluruh pengguna jalan wajib mematuhi peraturan yang ditentukan. Anak-anak usia dini termasuk pengguna jalan yang sangat diutamakan. Pengenalan dan pembelajaran mengenai Rambu Lalu Lintas kepada anak-anak sangat penting dilakukan. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan media permainan. Media permainan telah menjadi alternatif populer untuk metode belajar anak-anak. Penilitian ini mengusulkan sebuah permainan digital yang dibuat dengan bahasa pemrograman Action Script sebagai media pembelajaran Rambu Lalu Lintas kepada anak-anak. Permainan yang dinamakan Ingat Rambu ini dibangun dengan gambar dua dimensi menggunakan aplikasi Adobe Flash. Setiap Rambu Lalu Lintas ditampilkan dalam sebuah matriks pasangan kartu yang tertutup, anak-anak akan membuka setiap kartu untuk menemukan pasangan kartu dengan Rambu Lalu Lintas yang kembar. Maka dari itu, cara ini turut menguji kemampuan anak dalam ingatan jangka pendek. Peningkatan pengetahuan dan ingatan anak-anak mengenai Rambu Lalu Lintas menjadi hasil yang diharapkan dalam pembuatan permainan ini.


Keywords


rambu lalu lintas, anak, permainan, action script, adobe flash

References


Gros B. Digital Games in Education: The Design of Games-Based Learning Environments. Journal of Research on Technology in Education. 2007; 40(1): 23-28.

Prensky M. Digital Game-based Learning. 2003: 8-9

Sugiyanto G, Santi M Y. Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas dan Pendidikan Keselamatan Berlalu Lintas Sejak Usia Dini: Studi Kasus di Kabupaten Purbalingga. 2015; 18(1): 65-75

Badan Intelejen Negara. 2013. Kecelakaan Lalu Lintas Menjadi Pembunuh Terbesar Ketiga. http://www.bin.go.id/awas/detil/197/4/21/03/2013/

Sadewa S P. Pelanggaran Lalu Lintas Oleh Remaja Pengguna Sepeda Motor. Jurnal Universitas Airlangga. 2015; 4(1): 1-10

Gerantabee F. Adobe Flash Professional CS6: Digital Classroom. 1st. Wiley Publishing. 2012: 9-12

Moock C. Essential Action Script 3.0. 1st Edition. O’Reilly Media. 2007: xix-xx

Rumbaugh J, Jacobson I, Booch G. The Unified Modeling Language Reference Manual. 2nd Edition. 2004

Trace F. Game Design Workshop. 2nd Edition. Morgan Kaufmann. 2008: 43




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/cbn.v2i1.890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.