Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Favorit Pilihan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak Metode Profile Matching

Liovan Aji Airlangga, Syaibah Syaibah, Erwin Erwin Liovan Aji Airlangga
Syaibah Syaibah
Erwin Erwin

Abstract


Dosen merupakan tenaga akademik yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, bimbingan dan pelatihan, serta mampu untuk membawa mahasiswa kedalam kegiatan-kegiatan yang diadakan dari pihak Universitas baik resmi maupun non-resmi. Pemilihan dosen favorit pilihan mahasiswa dapat memacu dosen untuk lebih berkomunikasi pada mahasiswa untuk dapat mengajak mahasiswa berperan dalam kelompok atau organisasi melibakan mahasiswa dan dosen. Namun, pada kenyataannya, Universitas Muhammadiyah Pontianak masih belum aktif melaksanakan pemilihan ini. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dirancang sebuah Sistem Pendukung Keputusan penentuan dosen favorit pilihan mahasiswa dengan menggunakan metode profile matching. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Favorit Pilihan Mahasiswa ini merupakan suatu sistem yang mampu meningkatkan kemudahan dalam pemberi keputusan dalam penentuan Dosen yang memiliki daya tarik mahasiswa agar mahasiswa lebih aktif dan lebih kompeten dalam bimbingan Dosen pilhan tersebut. Pada sistem ini penilaian dosen berdasarkan empat aspek. Aspek yang digunakan yaitu aspek pedagogik, aspek profesionalisme, aspek kepribadian, dan aspek sosial. Untuk mendapatkan hasil kesimpulan akhir sebagai alternatif keputusan untuk menentukan dosen pilihan ini membutuhkan tahap proses perhitungan pada setiap variabel yang sudah ditentukan berdasarkan aspek dan kriteria yang ditetapkan oleh pihak Lembaga perguruan tinggi. Posisi sistem penfukung keputusan dalam penelitian ini adalah sebagai pendukung keputusan bukan menggantikan peran pengambill keputusan (decision maker), sehingga decision maker berhak mengacu sepenuhnya pada sistem pendukung keputusan atau tidak. Hasil penelitian dari metode profile matching yang telah diperhitungkan dapat disimpulkan bahwa dosen favorit pilihan mahasiswa adalah dosen 2 dengan hasil skor 4,3290 yang merupakan hasil ranking tertinggi dan dapat dijadikan alternatif untuk penentuan dosen favorit pilihan mahasiswa

References


Teuku Mufizar. "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Di STMIK Tasikmalaya Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)." CSRID Journal, Vol.7 No.3, pp: 155-166, 2015.

Puput Puspito Rini, Dedi, Nova Riyanti. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Berbasis Web Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting) (Studi Kasus: STMIK Global Tangerang).” JURNAL SISFOTEK GLOBAL, Vol. 5 No. 2, pp: 100-108, 2015.

Himawan E.S, Abdi P.K, Filda F. “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menerapkan Metode Profile Matching Sebagai Alternatif Penentuan Dosen Favorit Pilihan Mahasiswa”. Jurnal Antivirus, Vol.11 No.2, pp: 164-182, 2017.

Zara Yunizar. “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Terbaik Menggunakan Metode Electre.” Variasi: Majalah Ilmiah Universitas Almuslim Edisi Khusus Diesnatalis Umuslim, Vol.9, pp: 60-65, 2017

Nasrun Marpaung, Masitah Handayani, Rolly Yesputra. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Dengan Metode Weighted Product (Wp) Pada Stmik Royal.” Seminar Nasional Royal (SENAR), pp: 267 – 270, 2018.

E. S. Sary Fatimah, Afriyudi, “Penerapan Metode Profile Matching Untuk Pencarian Siswa Penerima Beasiswa Kurang Mampu dan Berprestasi,” 2013

Budi Sudrajat. “Pemilihan Pegawai Berprestasi dengan Menggunakan Metode Profile Matching.” JURNAL SinkrOn, Vol. 3 No. 1, pp: 202-210, 2018.

Ernawati, Nur Aeni Hidayah, Elvi Fetrina. “RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING (Studi Kasus: Kementerian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta).” Jurnal Sistem Informasi, Vol.10 No.2, pp: 127-134, 2017.

Agustina Setiyowati, Latifah A.R, Moh. Khoirul Amin. “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Penerima Beasiswa Kurang Mampu Menggunakan Metode Profile Matching.” JURNAL INFORMATIKA UPGRIS, Vol. 5 No. 1, pp: 94 – 98, 2019.

Sofhian, Herry Sujaini, Helen S.P. “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DOSEN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE (STUDI KASUS: TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS TANJUNGPURA).” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), Vol. 1 No. 1, pp: 1 – 6, 2016.

Turban, Efraim, et al. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems 7th Ed. New Jersey : Pearson Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/cbn.v3i01.1460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.