Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek Sistem Informasi Beban Kerja Dosen menggunakan UML

Renny Puspita Sari, Muhamad Luthfi, Stevani Veren Renny Puspita Sari
Muhamad Luthfi
Stevani Veren

Abstract


Salah satu tenaga pendidik di Perguruan Tinggi disebut dosen, tugas seorang dosen yang ­terdiri atas komponen tugas yang harus memenuhi Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu melaksanakan pembelajaran, melaksanakan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk melaksanakan fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis tersebut, diperlukan dosen yang profesional yang dapat diukur kinerjanya. Untuk mengukur kinerja dosen diperlukan instrumen yang dapat menggambarkan beban kerja dosen setiap semesternya. Selama ini rencana kerja dan laporan kinerja diisikan secara offline yang menyebabkan tertundanya pengumpulan data karena alur pengumpulan data yang panjang dan berjenjang. Disamping itu terjadinya kesulitan dalam proses monitoring beban kerja dosen secara cepat. Penelitian ini menganalisis permasalahan yang berkitan dengan pelaporan beban kerja dosen dari sistem lama yang bersifat manual selanjutnya berdasarkan analisis tersebut dirancang  suatu sistem berorientasi objek menggunakan UML yang memungkinkan penyajian laporan beban kerja dosen secara online yang mana pangkalan datanya terpusat sehingga menghindari terjadinya duplikasi data dan memudahkan dalam melakukan pelacakan informasi.


Keywords


Dosen,Sistem informasi,Beban Kerja,UML

References


Jogiyanto. HM., 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Organisasi. Jakarta : Gramedia.

Simamora, Henry, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, Cetakan Pertama, Bagian Penerbitan STIE YKPN, Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta, PT Media Pustaka Mandiri.

Departemen Pendidikan Nasional ,2010 “Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridhrma Perguruan Tinggi”, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Rosa AS dan M.Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung : INFORMATIKA.

Sholiq, 2006, Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek Dengan UML, Graha Ilmu, Yogyakarta. (Diadaptasi dari : Sommerville, Ian."Software Engineering" .6th . Addison Wesley. 2001)




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/cbn.v2i02.1050

Article Metrics

Abstract views : 0| PDF (Bahasa Indonesia) views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.