PENERAPAN PENDEKATAN BCCT DI KELAS APEL (TK A) PAUD KASIH IBU KECAMATAN PONTIANAK TENGGARA (APPLICATION BCCT APPROACH AT APPLE CLASS (TK A), PAUD KASIH IBU, SUBDISTRICT OF SOUTHEAST PONTIANAK)

Iin Maulina, Su trisno Iin Maulina
Su trisno

Sari


Penelitian ini berjudul “Penerapan Pendekatan BCCT di Kelas Apel (TK A) PAUD Kasih Ibu Kecamatan
Pontianak Tenggara yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Penilaian,
pada pendekatan pembelajaran tersebut. Sasaran penelitian ini adalah mendapatkan informasi yang tepat
dan lengkap dari PAUD Kasih Ibu agar berguna bagi akademisi, praktisi, dan masyarakat luas, khususnya
bagi bidang PAUD untuk usia 4-5 tahun. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan deskripsi analitik
melalui wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Proses pembelajarannya meliputi empat
pijakan, yaitu: Lingkungan main, sebelum main, saat main, dan setelah main. Ada empat sumber
pengumpul data dalam penelitian ini: (1) Dua orang guru Kelas Apel; (2) Kepala Sekolah PAUD Kasih
Ibu; dan (3) Sekretaris yang juga sebagai anggota pengelola PAUD Kasih Ibu. Hasil penelitiannya
menunjukkan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian penerapan pendekatan BCCT di Kelas
Apel (TK A) PAUD Kasih Ibu adalah “Cukup baik”. Analisis perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian
difokuskan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang dibuat oleh guru-guru Kelas
Apel PAUD Kasih Ibu dari bulan September 2015 sampai dengan bulan November 2015.
 
Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendekatan BCCT, RPPH

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29406/br.v12i2.83

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Creative Commons License

Hak Cipta dilindungi oleh Buletin Al-Ribaath yang dilisensikan dibawah Lisensi International Creative Attribution-ShareAlike 4.0

Al-Ribaath telah terindex:

website statistics