DESKRIPSI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI SMA NEGERI 1 PONTIANAK (THE DESRIPTION OF STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES ON CHEMISTRY OBSERVED FROM THE LEARNING STYLE AT SMA NEGERI 1 PONTIANAK)

Samsuri ., Rizmahardian A. Kurniawan, Tuti Kurniati Samsuri .
Rizmahardian A. Kurniawan
Tuti Kurniati

Sari


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang secara umum bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa
kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pontianak pada mata pelajaran kimia ditinjau dari gaya belajar model VARK
(visual, aural, write-read, kinesthetic). Siswa SMA Negeri 1 Pontianak  memiliki hasil belajar yang
berfariasi serta cara dan gaya belajar yang berbeda-beda . Gaya belajar tersebut penting diketahui baik bagi
guru maupun siswa.  Pengetahuan tentang gaya belajarnya dapat memberdayakan untuk mengidentifikasi
dan menggunakan tehnik belajar terbaik sesuai gaya belajar siswa masing-masing sehingga menghasilkan
kepuasan pemahaman materi yang lebih baik dan efektif.  Alat instrumen penelitian ini adalah angket gaya
belajar, lembar observasi, pedoman wawancara dan lembar dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data,
diperoleh informasi bahwa kecenderungan gaya belajar siswa didominasi oleh gaya belajar kinestetik untuk
gaya belajar unimodal yaitu 39,40% dan gaya belajar V-A-R-K untuk gaya belajar multimodal. Pada gaya
belajar read/write terdapat kesesuaian antara cara belajar dan gaya belajar siswa, namun, hasil belajar siswa
pada gaya belajar read/write paling rendah dibanding dengan tipe gaya belajar yang lain yaitu 63. Siswa
dengan gaya belajar V-A-R-K memiliki hasil belajar yang paling tinggi yaitu 76,84, hal ini dikarenakan
mereka fleksibel terhadap cara belajar dan dengan mudah beralih dari tipe ke tipe tergantung kondisi
pembelajaran yang diberikan.

Kata Kunci: Gaya belajar model VARK, multimodal, unimodal

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29406/br.v12i2.81

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Creative Commons License

Hak Cipta dilindungi oleh Buletin Al-Ribaath yang dilisensikan dibawah Lisensi International Creative Attribution-ShareAlike 4.0

Al-Ribaath telah terindex:

website statistics