PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA BERBASIS FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UM PONTIANAK DALAM PERCOBAAN SINTESIS ETIL ASETAT

Mulyani ., Dini Hardiarti, Tuti Kurniati Mulyani .
Dini Hardiarti
Tuti Kurniati

Sari


Latar belakang dalam penelitian ini adalah Kurangnya keterampilan proses sains mahasiswa, karena mahasiswa kesulitan dalam memahami tahapan-tahapan prosedur kerja dan kesulitan dalam mengoperasikan alat-alat yang digunakan pada percobaan sintesis etil asetat. Hal ini disebabkan dalam penutun praktikum tidak dilengkapi dengan gambar. Kekurangan pada penuntun praktikum dapat di atasi dengan memberikan sebuah media pembelajaran, yaitu media flash. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan keterampilan proses sains mahasiswa dari sebelum dan sesudah menggunakan media flash. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental, dengan rancangan penelitian “One-Group Pretest-Posttest” yang dilaksanakan sebelum dan sesudah diterapkan media flash. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak angkatan 2013 dengan jumlah 34 mahasiswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran. Teknik pengukuran digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains melalui tes tertulis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan keterampilan proses sains mahasiswa dari sebelum dan sesudah diterapkan media flash yaitu dari 76,32% menjadi 95,32%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media flash dapat meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak angkatan 2013 khususnya percobaan sintesis etil asetat

This study was initiated by the lack of the students’ science process skills and the difficulty in comprehending the stages of work procedures and in operating the lab tools used in synthesis of ethyl acetate experiment. These problem were caused experiment module was not included related pictures. However, it can be overcome by providing a flash learning media. This study aimed at figuring out the difference of students’ science process skills before and after implementing flash media. The research was conducted using pre-experimental research using "One-group pretest-posttest" design. About 34 students of Chemistry Education in Academic Year 2013, UM Pontianak participated in this study. The technique used in this study was measurement technique. The measurement used to measure the science process skills through written tests. The study revealed that there was difference of students’ process skills before (76.32%) and after  (95.32%) the application of  flash media. Hence, it is concluded that flash media significantly enhance the students’ science process skills, particularly on the synthesis of ethyl acetate experiment


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29406/br.v12i2.163

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Creative Commons License

Hak Cipta dilindungi oleh Buletin Al-Ribaath yang dilisensikan dibawah Lisensi International Creative Attribution-ShareAlike 4.0

Al-Ribaath telah terindex:

website statistics