Pendampingan TK Bina Harapan Desa Tanjung Saleh Kabupaten Kuburaya Kalimantan Barat

Yuniarti Yuniarti, Iin Maulina Yuniarti Yuniarti
Iin Maulina

Sari


Kegiatan pengabdian masyarakat di TK Bina Harapan di Desa Tanjung Saleh, dalam rangka peningkatan kapasitas lembaga TK dalam mengedukasi masyarakat yang masih belum sadar akan pentingnya pendidikan anak usia dini. Keterbatasan pengelola TK menjadi salah satu alasan dalam upaya meningkatkan kualitas institusi. Selain itu, lokasi sekolah dan daerah yang sulit dijangkau oleh beberapa warga, karena dari satu dusun ke dusun lainnya, transportasi menggunakan perahu. Adapun kegiatan KKU di PAUD Desa Tanjung Saleh; sebagai upaya meningkatkan fasilitas dan infrastruktur PAUD yang memiliki keterbatasan seperti mengenai kurikulum pendidikan. Program kegiatan pengabdian ini antara lain membuat makanan sehat, menyerahkan dokumen kurikulum pada 2013, menyerahkan alat cuci tangan, bersosialisasi mencuci tangan, mempelajari ilmu PAUD, latihan anak usia dini, memperingati 17 Agustus 1945, mengirimkan papan tulis, dan media pembelajaran tentang bahan-bahan alami. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui proses pemberdayaan diri demi kepentingan masyarakat yang dapat mendorong TK Bina Harapan Desa untuk tetap ada dalam membina dan mendidik anak usia dini yang kurang beruntung.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: 2003. [Internet]. 2018 [updated 2003; cited 2018 Feb 10]. Available from:

Departemen Kesehatan RI Pusat Promosi Kesehatan. Rumah Tangga Sehat dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: 2009.

Departemen Kesehatan RI dan UNICEF. 10 Pesan Hidup Sehat dalam Kedaruratan. [Internet]. 2018 [updated 2003; cited 2018 Feb 10].

Sumantri. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depatemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi; 2005.

Maman Sutarman dan Asih. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Filosofi, Konsep, Prinsip, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia;2016.

Isenberg, J.P.,& Jalongo, M.R. Creative thinking and arts-based learning. New Jersey: Pearson; 2010.

Miller, D.L. (2009). Young children learn through au- thentic play in a nature explore classroom. 2009. [Internet]. 2018 [updated 2003; cited 2018 Feb 10]. Available from: http://www.dimensionsfoundation. org/research/authenticplay.pdf.

Department of Education. Training and employment (everyday and natural materials).2018. Available from: www.qld.gov.au/kindy.




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/br.v16i1.1445

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Creative Commons License

Hak Cipta dilindungi oleh Buletin Al-Ribaath yang dilisensikan dibawah Lisensi International Creative Attribution-ShareAlike 4.0

Al-Ribaath telah terindex:

website statistics