INOVASI PERMAIANAN EDUKATIF MELALUI BONEKA JARI SEBAGAI ALTERNATIF BISNIS USAHA MAHASISWA

Diana Diana, Puput Novira Diana Diana
Puput Novira

Sari


Boneka jari merupakan inovasi permaianan edukatif yang dapat menjadi alternatif bisnis sebagai peluang usaha mahasiswa. Boneka jari salah satu alat permaian edukatif yang aman untuk anak usia dini. Tokoh-tokoh yang ditampilkan dapat diwujudkan melalui boneka jari. Cara memainkan bisa dilakukan dengan bercerita melalui gerakan dan dialog. Boneka jari cocok untuk pendukung pembelajaran dan mudah diikuti anak-anak. Anak-anak sangat tertarik pada boneka jari sehingga, boneka jari dapat menjadi alat untuk menstimulasi aspek perkembangan anak, dimulai dari perkembangan bahasa, moral dan agama, sosialemosional, fisik motorik, kognitif dan seni. Penggunan boneka jari tidak ada batasan usia, bahkan orang dewasa bisa menggunkannya. Proses pembuatan boneka jari rumit, karena perlu ketelitian dan keuletan dalam mendesain pola dan menjahit. Pembuatan boneka jari menggunakan kain flanel dan dakron. Pengabdian ini melibat mahasiswa sebagai pendesain dan pelaksana. Metode yang digunakan terdiri dari tiga tahapan yaitu tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan dan tahapan evaluasi. Boneka jari yang telah diproduksi, dikemas dan dipasarkan. Tekhnik penjualan dilakukan secara online dan offline. Pemasaran online melalui fecebook, whatsApp, instagram. Pemasaran offline melalui pameran serta kunjungan ke sekolah PAUD dan TK.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anitah, S (2009). Media Pembelajaran. Sukarta, Mata Padi Presindo

Cucu Eliyawati, Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini : Depdiknas, jakarta 2005

Dhieni, Nurbiana, dkk 2011. Metode Pengembanagn bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Gunarti, Winda, dkk. 2010 Metode Pengembangan Prilaku Dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakart: Universitas Terbuka

Mulyani, Sri, Agustin. 2013. Penggunaan Boneka Jari Sebagai Media Simulasi Kreatif Di Sekolah Dasar, jurnal Pemikiran dan Pengembanagan SD, Jilid 1 Nomor 2,

Sujiono, Yuliani, Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak usia Dini. PT INDEKS: Jakarta

Zama, Badru, dkk. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.29406/bul%20al-ribaath.v15i2.1329

Article Metrics

Sari views : 0| PDF views : 0

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Creative Commons License

The Copyright is reserved to the Jurnal Buletin Al- Ribaath that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

PKP